Tuberkulosis Penyakit Mematikan Rentan Menyerang Pria!

Minggu, 01 Oktober 2017 - 21:32 WIB
Tuberkulosis Penyakit Mematikan Rentan Menyerang Pria!
Tuberkulosis Penyakit Mematikan Rentan Menyerang Pria!
A A A
JAKARTA - Tuberkulosis atau yang saat ini dikenal dengan TB menjadi penyakit yang bisa menyebabkan kematian jika penderitanya tidak mau berobat secara tuntas. Penyakit ini disebabkan bakteri dan dapat ditularkan melalui udara yang ditandai dengan gejala batuk tidak sembuh-sembuh.Selain menyerang paru-paru, TB juga dapat menyerang organ lain.

Dari survei diperoleh data bahwa penyakit ini sangat rentan menyerang pria dibandingkan wanita. Mobilitas pria di luar rumah yang lebih banyak menjadi alasan bakteri TB lebih mudah menyerang.

’’Berdasarkan survei prevalensi, sekitar 60% pria rentan terkena TB dibandingkan wanita. Dilihat dari faktor risiko laki-laki lebih banyak beraktivitas. Apalagi TB menular melalui udara. Sedangkan mobilitas laki-laki lebih tinggi dibandingkan wanita,’’kata dr Asik Surya MPPM., Kepala Subdirektorat Tuberkulosis, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung - Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI dalam diskusi kesehatan bertema Peran Dokter Dalam Manajemen Pencegahan dan Penanganan Kasus Tuberkulosis untuk Pelaku Industri di Jakarta, Minggu (1/10/2017).

Selain alasan mobilitas lebih tinggi, secara medis memang tidak bisa dipastikan mengapa pria lebih rentan terkena TB. Penyakit ini juga tidak pandang bulu karena bisa menyerang siapa saja. ’’Data epidemiologi yang diperoleh dari beberapa jurnal kesehatan diperoleh keterangan jika laki-laki mobilitasnya lebih tinggi. Sedangkan TB penularannya dari udara yang memungkinkan bakteri menular lebih cepat,’’jelas dokter Erlina Burhan MSc. SpP(K) - Ketua Pokja DOTS dan TB MDR RSUP Persahabatan - Staf Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI – Wakil Ketua KOMLI TB Nasional - Anggota Regional Advisory Committe on MDR TB WHO, SEARO.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7735 seconds (0.1#10.140)